Air Terjun Blawan, Bondowoso

Air Terjun Blawan, Bondowoso

Bondowoso memiliki banyak pesona yang mengundang pelancong untuk datang berkunjung,  mulai dari kawasan wisata situs Megalithikum, Kawah Ijen yang sudah mendunia dengan Blue Fair-nya hingga bermacam-macam air terjun, air terjun polo agung, air terjun tancak kembar dan air terjun Blawan. Untuk mencapai bondowoso, dari Surabaya perjalanan bisa ditempuh 6-7 jam, pemandangan indah memanjakan mata kita. setelah melewati PLTU Paiton, kita akan melewati tanyakan membelah perbukitan perbatasan antara Probolinggo dan Bondowoso.

Pertengahan oktober kemarin, saya berkesempatan mengujungi Bondowoso. Setelah melihat hasil produksi kelompok petani yang menjadi binaan Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal (KPDT), saya menuju Air terjun Blawan yang terletak di desa Kalianyar Kecamatan Sempol, ±52 Km dari pusat Kota Bondowoso, Air terjun ini adalah hilir dari kali pahit rembesan Kawah Ijen yang penuh dengan kadar belerang serta dikelilingi oleh tumbuhan macadamia. Selain air terjun blawan juga terdapat pemandian air panas yang juga termasuk di kawasan air terjun blawan. Ada beberapa fasilitas di sini antara lain: shelter dan penginanpan.

Blawan 1Tidak jauh dari lokasi air terjun, terdapat Homestay yang dikelolah oleh PTPN XII yang bisa kita gunakan untuk menginap. Catimor Homestay  kawah Ijen adalah bangunan Tua bersejarah yang sebagian gedung di buat dari kayu yang dibangun pada tahun 1894 oleh Belanda. Hotel Catimor adalah salah satu peninggalan belanda yang masih kokoh sampai sa’at ini. Homestay ini terletak paling dekat ke Mt Ijen, kurang lebih perjalanan ditempuh dengan waktu 45 menit saja. di daerah ini tepatnya di Blawan bisa sangat dingin di malam hari, sekitar kurang lebih 9 ° C.  jika anda suka dengan tempat yang bersejarah Catimor Homestay adalah tempat yang paling cocok untuk bermalam.

Homestay Catimor memiliki 3 type kamar yaitu Standart, triple dan Superior dengan memiliki air panas di setip kamar, di halaman depan terdapat bak mandi air panas di isi dengan air dari mata air panas alami yang mengandung belerang bisa di bilang juga dengan Jacuzzi. Selain itu, Home stay ini memiliki kolam renang dengan air segar. Tidak perlu khawair, Harga sewa permalam mulai dari Rp 130.000 – Rp 270.000. Murah bukan?

 catimor-homestay-blawan

Share This

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *