Pesona Pantai Mawun, Lombok Tengah

Pesona Pantai Mawun, Lombok Tengah

Akhir September kemarin saya berkesempatan mengunjungi Pantai Mawun. Pantai yang berlokasi di Desa Tumpak, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah ini berjarak kurang lebih 60 km dari Kota Mataram. Setelah menghadiri acara pengajian di Lombok Tengah, saya menempuh perjalanan kurang lebih satu jam. Pemandangan sepanjang perjalanan cukup mengasyikkan, keramahan warga Lombok menghiasi perjalanan saya, lalu lalang aktifitas warga sekitar juga menambah keramaian suku sasak tersebut.

Untuk menuju pantai ini, jalan yang kita lewati pun cukup bagus. Jalan aspal mulus sepanjang 9 kilometer ini dihiasi hamparan kebun tembakau. Banyak terdapat kebun tembakau dan padang penggembalaan kerbau milik masyarakat setempat. Sesekali bule-bule (Wisatawan Mancanegara) melintasi mobil yang saya tumpangi, kebanyakan mereka menggunakan sepeda motor.

Meskipun kalah terkenal dari pantai lainnya di Lombok, Pantai Mawun tetaplah menarik untuk dikunjungi. Pasirnya berwarna putih dan ombaknya sangat bersahabat. Apabila dilihat dari sumber daya pantainya, Pantai Mawun sangat layak untuk menjadi kawasan wisata pantai yang populer. Pantai yang merupakan bagian dari teluk ini berbentuk seperti tapal kuda apabila dilihat dari udara, dan ada 2 bukit di sisi barat dan di sisi timur. Hamparan pasirnya berwarna putih.

Sementara di bagian barat pasirnya lebih kasar bercampur dengan pecahan-pecahan karang. Topografi pantai bagian tengah juga lebih curam daripada pantai bagian barat dan timur. Ombak di pantai bagian tengah pun lebih besar daripada pantai bagian barat dan timur.

Dalam kesehariannya, pantai ini selalu dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara meskipun tidak terlalu ramai. Wisatawan domestik biasanya datang pagi hari hingga menjelang tengah hari sebelum matahari bersinar terik. Sebaliknya, wisatawan mancanegara datang ketika matahari sudah mulai menyengat di siang hari (nampaknya mereka memburu matahari untuk berjemur). Selain berenang, mereka biasanya menghabiskan waktu sambil berjemur, membaca, atau memotret.

Saya sendiri pun sangat menikmati kesunyian di pantai tersebut, ditemani anak-anak kecil, saya bermain layang-layang dan menikmati kelapa muda yang disediakan warga sekitar. Nah, Bagi anda yang berencana ke Lombok, pantai ini wajib dikunjungi dan jangan lupa mengabadiaknnya lewat bidikan kamera.

pantai mawun

Share This

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *