Jembatan Akar, Wisata Unik yang Memukau

Jembatan Akar, Wisata Unik yang Memukau

Jembatan ini mungkin menjadi salah satu jembatan terunik di dunia, bagaimana tidak, jembatan ini hidup dan tumbuh semakin kuat karena terbentuk dari dua akar pohon beringin yang saling menguatkan, sehingga membentuk sebuah jembatan seperti pada umumnya. Jembatan akar ini terletak di nagari Pulut, Asam Kumbang, kecamatan Bayang Utara sekitar 24 KM dari Painan dan 65 KM dari Padang.

Bagaimana jembatan akar ini dibuat? Ada dua versi seperti penuturan camat, Asril Pitir, jembatan ini pertama kali dibuat oleh seorang tokoh masyarakat bernama Pakiah Sokan pada tahun 1916 dengan tujuan untuk membantu murid-muridnya yang sering tidak datang mengaji karena sungai Bayang meluap, kemudian Pakiah Sokah menanam pohon di dua lokasi yakni desa Pulut dan desa Lubuak Silau.

Versi kedua, jembatan ini awalnya terbuat dari bambu yang sengaja dibangun masyarakat setempat untuk penyebrangan, kemudian akar dari kedua pohon beringin itu menyatu mengikuti alur bambu yang dipasang. Akhirnya jembatan ini semakin lama semakin kuat karena semakin besarnya akar pohon beringin yang membentuknya. Panjang jembatan ini 25 M dengan lebar 1,5 M dan menjadi tempat wisata yang ramai dikunjungi pada hari-hari libur.

Sampai tulisan ini saya buat, jembatan ini masih sangat kokoh dan bermanfaat untuk menyeberangi sungai Bayang, sekaligus menjadi objek wisata unggulan bagi Kabupaten Pesisir Selatan Sumbar. Sangat cocok bagi Anda yang masih binggung memilih tempat tujuan wisata. Ayo promosikan tempat-tempat eksotik di nusantara.

Share This

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *